4 ide menarik membuat area bermain anak di rumah


Kreatif Membuat Tempat Bermain di Ruangan Kecil
RumahCom – Tinggal di rumah atau apartemen dengan lahan yang terbatas, membuat Anda harus selalu kreatif dalam memanfaatkan setiap sudutnya. Ruang terbatas membuat Anda kesulitan untuk menyiapkan sebuah tempat khusus bermain anak-anak, sehingga mainan seringkali disimpan bercampur dengan barang-barang lain.
Berikut beberapa ide kreatif bermain bersama anak di rumah dengan area terbatas yang dirangkum oleh apartmenttherapy.com.
Gunakan Washi Tape
Solusi Kreatif_Washi Tape
Washi tape adalah sebuah selotip dari Jepang yang memiliki keistimewaan dibandingkan selotip biasa karena memiliki beragam motif dan warna.  Seringkali selotip jenis ini digunakan untuk menghias interior atau perabotan rumah. Rekatkan washi tape di bagian bawah lantai dan buat sebuah jalur kereta  atau arena balap dan juga tempat parkir untuk mobil-mobil mainan milik anak Anda.
Manfaatkan rak buku
Solusi Kreatif_Rak Buku
Jika Anda sudah memiliki rak buku berbentuk horisontal di rumah gunakan sebagai tempat bermain anak seperti membuat dapur portabel. Buat kompor dari kertas hitam yang sudah dilaminating dan gunakan beberapa lakban hitam untuk membuat aksen kompor. Tambahkan kursi di bagian bawah untuk membuat anak semakin nyaman bermain. Selain menstimulasi daya imajinasi anak, rak bermain seperti ini tetap digunakan untuk menyimpan barang-barang seperti buku atau mainan anak.
Laci di bawah tempat tidur
Solusi Kreatif_Laci di Bawah Tmpt Tidur
Jika Anda memiliki laci beroda yang biasa di bawah ditaruh tempat tidur untuk menyimpan selimut atau seprai tambahan. Anda bisa mempergunakannya sebagai tempat bermain anak. Yang lebih menguntungkan, jika sedan tidak digunakan Anda bisa menyimpannya kembali di bawah tempat tidur sehingga kamar tidak akan terlihat berantakan.
Membuat kolam bola
Solusi Kreatif_Kolam Bola
Memiliki balita yang aktif membuat Anda harus selalu sigap mengawasi anak. Untuk membuatnya sibuk, Anda bisa membuat sendiri kolam bola di rumah dengan memanfaatkan boks bayi.
Isi boks bayi dengan bola-bola plastik. Selain boks bayi, Anda bisa membeli sebuah kolam plastik kecil untuk diisi dengan bola-bola.  Kini Anda bisa memakai baju lebih tenang tanpa harus khawatir sang balita bermain di tempat yang berbahaya.
Bermain di bawah meja makan
Solusi Kreatif_Di Bawah Meja Makan
Membuat sebuah rumah pohon memang tidak memungkinkan jika Anda tidak memiliki pekarangan yang luas. Namun Anda tetap bisa bermain peran bersama anak dengan memanfaatkan meja makan di rumah.
Tambahkan kertas yang digambar sesuai tema bermain seperti pintu, jendela rumah di bagian sisi meja makan. Selain kertas, gunakan juga kertas pembungkus kado berwarna.
Bermain engklek di atas karpet
Solusi Kreatif_Engklek
Engklek adalah salah satu permainan tradisional yang tidak hanya terkenal di Indonesia tetapi juga manca negara. Permainan dimulai dengan menggambar pola kotak-kotak pada bidang datar kemudian melompat dengan satu kaki dari kotak satu ke kotak berikutnya.
Tidak harus di luar ruangan, Anda bisa memainkannya di dalam rumah. Gunakan karpet polos yang ada di rumah, buat pola kotak menggunakan selotip. Untuk angka, Anda bisa membuatnya menggunakan kertas karton atau kain flanel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

25 Inspirasi Desain Kamar Kos Keren Buat Anak Kuliahan

Sederhana Nan Cantik

OPTIMALKAN DOMINASI PUTIH!